Selasa, 18 Agustus 2020

Google sematkan Fotografer Papan Atas kepada Muhammad Yani di Google Maps

Google menyematkan kepada saya sebagai fotografer papan atas di Google Maps. Berhasil memperoleh rekor yang jarang dapat diraih oleh orang lain, yaitu mencapai 5.000.000 tampilan foto. Bukan untuk membanggakan diri, namun saya bersyukur sekali, foto-foto yang saya publish di Google Maps ternyata berdampak banyak dilihat oleh para pengguna Google Maps, tentu ini menjadi kebanggan tersendiri bagi saya. Semoga dapat membantu bagi mereka yang memerlukan informasi di Google Maps.

Hobi ini saya lakukan sejak tahun 2015, awalnya saya bergabung di Pemandu Lokal (Google Guide) yang ada di Aplikasi Fotosphare waktu itu dan beberapa tahun kemudian berubah menjadi Aplikasi Streat View. Nah, jadi hobi foto ini saya tuangkan di Aplikasi tersebut. Hebatnya foto-foto tersebut terhubung juga dengan Google Maps.

Bagaimana saya melakukannya, setiap berada di tempat yang baru saya kunjungi di dalam Kota Samarinda maupun luar Kota Samarinda biasanya saya mereview (memberi ulasan) atau menambahkan foto di lokasi tersebut. Menambahkan foto jika sudah menggunakan internet dari Wifi, sedangkan review dari suatu tempat bisa kita lakukan langsung di tempat tersebut.

Dulu ada yang bertanya kepada saya, apa keuntungan menjadi Google Guide ini? Saya belum bisa jawab, karena Google Maps berbeda dengan Youtube yang memiliki Sistem Monetisasi, sedangkan di Google Maps kita hanya sebagai Pemandu Lokal (Google Guide) yang pendekatannya lebih relawan. 

Diakhir tulisan ini, setelah kurang lebih 5 tahun ini bergabung di Google Guide, saya ingin menjawab keuntungannya apa saja. 

1. Di Google Maps terdapat fasilitas untuk mendapatkan poin, semakin banyak poin yang dikumpulkan, maka semakin naik level di Google Guide. Banyaknya poin yang didapatkan tergantung ulasan yang kita berikan. Poin, Level dan Badge dapat dilihat disini : https://support.google.com/local-guides/answer/6225851?hl=id 
2. Setelah sudah aktif menambahkan ulasan di Google maps, nanti akan ada email biasanya mendapat voucher belanja atau hotel dan lain-lain. Pada akhir tahun 2019 lalu, saya pernah mendapatkan kaos kaki yang dikirim dari Google Turkey ke rumah. Tulisan saya September 2019 lalu : http://www.muhammadyani.com/2019/09/apa-keuntungan-menjadi-kontributor.html

Semoga bermanfaat, semangat dan sukses selalu untuk kita semua.
Samarinda, 18 Agustus 2020.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar