Kamis, 04 Agustus 2022

Inilah persiapan yang harus dilakukan saat seleksi program SMK Pusat Keunggulan Lanjutan Skema Pemadanan Dukungan Industri 2022

Bersyukur sekali mendapat kesempatan untuk mengikuti seleksi SMK Pusat Keunggulan (SMK PK) Skema Pemadanan Dukungan Industri 2022. Sebelumnya, SMK TI Airlangga Samarinda ditetapkan sebagai Pelaksana SMK Pusat Keunggulan 2021 sektor Ekonomi Kreatif pada Kompetensi Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak. Klik untuk melihat perjalanan SMK PK 2021. SMK Pusat Keunggulan merupakan Program dari Direktorat SMK, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Pada tahun 2022 ini, SMK TI Airlangga kembali mendapat kesempatan untuk mengikuti Sosialisasi SMK PK Skema Pemadanan Dukungan (SMK PK SPD), kami mendengarkan secara daring paparan dari Direktorat SMK terkait program tersebut. 

Syarat utama bagi SMK PK 2021 untuk melanjutkan SMK PK SPD minimal pada nilai level 3, level ini dapat dilihat dari sistem yang telah disiapkan oleh Direktorat SMK. Setelah paparan skema ini disampaikan, kami lakukan rapat internal, pengawas dan meminta restu persetujuan Yayasan.  Hasilnya, kami coba untuk mendaftarkan SMK TI Airlangga mengikuti Skema Pemadanan Dukungan Industri 2022.

SMK PK SPD memiliki skema yang berbeda dibandingkan SMK PK 2021, pada SMK PK SPD yang diutamakan adalah adanya pemadanan dukungan Industri kepada sekolah. Diperlukannya kolaborasi SMK dan Industri dalam kegiatan Pembelajaran Berbasis Industri di Sekolah atau pengembangan Teaching Factory. Pemadanan dukungan juga harus dibuktikan dengan adanya investasi Industri kepada Sekolah minimal 300 juta.

Pada Tahap 1 SMK PK SPD kami belum berhasil lolos seleksi, kami terkendala memberikan keyakinan kepada Industri terkait program Pemadanan Dukungan kepada SMK TI Airlangga Samarinda. Dari kelemahan ini, kami terus mengundang dan mencari berbagai informasi Pemadanan Dukungan Industri. 

Kesempatan kembali ada, Direktorat SMK kembali membuka pendaftaran SMK PK SPD Tahap 2, sama seperti tahap sebelumnya, kami coba daftar dan melakukan pertemuan dengan beberapa Industri dan Sekolah Lolos Seleksi Tahap 2 SMK PK SPD.  Sekolah mendapat dukungan Industri di Kota Samarinda Bidang Software House. Dukungan ini diberikan oleh Direktur CV. Rimbun Komputindo.

Setelah dukungan didapatkan, selanjutnya tim manajemen Sekolah bersama Ketua Kompetensi Keahlian berdiskusi bersama Pihak Industri untuk melakukan perencanaan bersama, apa saja yang bisa dilakukan bersama terkait persiapan produksi produk atau jasa, bagaimana proses yang akan dilakukan, hingga Investasi seperti apa yang perlu untuk diberikan kepada Sekolah. Pada tahapan ini, Kepala sekolah juga harus dapat menjelaskan road map pendidikan kejuruan di Sekolah, bagaimana Teaching Factory yang sudah diimplementasi di Sekolah dan potensi apa yang bisa didapatkan bersama Industri.

Ada 3 poin yang perlu direncanakan, pertama : yaitu rencana fisik seperti bangunan baru atau rehabilitasi bangunan, kedua : yaitu bantuan peralatan praktik, ketiga : bantuan penguatan pembelajaran. Dari 3 poin di atas, nilai investasi yang diberikan Industri minimal sebesar 300 Juta. Adapun format rencana anggaran dari Industri telah disiapkan oleh Direktorat SMK.

Demikianlah persiapan yang harus dilakukan oleh Sekolah untuk mengikuti seleksi program SMK Pusat Keunggulan Lanjutan Skema Pemadanan Dukungan Industri 2022. Setelah mendaftar dan kita layak mengikuti program ini, nantinya Sekolah akan diundang untuk mengkuti kegiatan Kurasi SMK PK SPD. Apa itu Kurasi, akan saya bahas pada tulisan berikutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar