Sabtu, 23 Juli 2022

Pemanfaatan Platform Blogger sebagai Blog Media Pembelajaran yang tangguh

Blog merupakan media online berupa website yang berisi beragam informasi seperti artikel, video, gambar dan sebagainya yang dapat diakses secara online. Ada beberapa jenis platform blog yang digunakan seperti blogger.com, wordpress.com, wordpress.org, wix.com. Karena ragam platform blog sangat banyak, maka perlu memilih satu diantaranya untuk digunakan sebagai blog media pembelajaran. 

Platform blog yang akan saya jelaskan pada kesempatan ini yaitu platform blogger. Blogger merupakan platform blog milik Google. Untuk menggunakan platform blogger cukup dengan menggunakan akun google atau email gmail.com maka sudah bisa menggunakan blogger. Untuk pengguna awal, tampilan akan terlihat seperti gambar di atas, klik buat blog lalu pilih satu tema default blog maka blog anda akan selesai dengan subdomain blogspot.com. 

Pada kesempatan ini saya merujuk jurnal Teknologi Pendidikan (Teknodik) yang berjudul pemanfaatan blog sebagai media pembelajaran pada tahun 2018.  Di dalam jurnal ini menunjukkan bahwa pemanfaatan blog sebagai media pembelajaran belum dilakukan secara optimal. Pemanfaatan blog dapat digunakan untuk semua jenjang pendidikan baik SD, SMP, SMA, SMK maupun Pendidikan Tinggi. Pada era berkembangya teknologi dan penggunaan smartphone membuat peserta didik secara umum sudah terbiasa mengakses informasi melalui web. Di dalam jurnal ini juga dijelaskan bagaimana tahapan pemanfaatan blog sebagai media pembelajaran.

Berikut tahapan pembuatan blog sebagai media pembelajaran:

  1. Membuat rencana blog.
  2. Membuat halaman utama blog untuk mata pelajaran yang diampu.
  3. Menyampaikan kepada peserta didik bahwa  blog digunakan sebagia media pembelajaran.
  4. Mengisi konten pembelajaran ke blog dalam bentuk tulisan, gambar, video, PDF, PPT dan sebagainya.
Setelah tahapan di atas selesai, masukkan konten pembelajaran seperti yang ada tahap ke empat sesuai rencana pelaksanaan pembelajaran telah ada ke dalam blog. Selanjutnya lakukan pengisian konten pembelajaran, konten yang telah dipublikasikan di dalam blog dapat diperbaharui.

Berdasarkan penjelasan di atas, menurut saya, platform blogger baik untuk digunakan sebagai media pembelajaran, blogger dapat menjadi alternatif media pembelajaran yang tangguh.

Contoh blog pembelajaran yang telah saya gunakan sejak beberapa tahun yang lalu, sampai sekarang konten pembelajarannya masih ada.

Semoga bermanfaat.

Sumber : https://www.niagahoster.co.id/blog/blog-adalah/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar